Cara Terbaik Agar Terbebas Dari Penyakit Diabetes Mellitus

Cara Terbaik Agar Terbebas Dari Penyakit Diabetes Mellitus

Pernahkah anda mengalami luka dan sulit sembuh? Jika demikian, kemungkinan anda sedang menderita diabetes atau kencing manis. Itu adalah salah satu tanda yang dapat dikenali dari penderita diabetes dan masih ada tanda-tanda yang lain untuk mengenali penyakit diabetes mellitus. Salah satu penyebabnya yaitu pola hidup yang tidak sehat. Jika ini terjadi dalam hidup anda, perlu untuk mengkoreksi dan merubah pola hidup tersebut. Memang tidak mudah awalnya, tetapi lama kelamaan anda akan terbiasa dengan pola hidup sehat. Macam-macam pola hidup sehat yang dapat anda terapkan untuk menghindari risiko penyakit diabetes melitus telah dirangkum dalam wacana berikut.

Mengatasi Penyakit Diabetes Mellitus dengan Perubahan Pola Hidup

jogging

Untuk memulai hidup bebas dari penyakit diabetes mellitus, rutinitas yang perlu anda terapkan adalah terus bergerak. Dengan memperbanyak aktivitas fisik, gula darah anda akan menurun sementara sensitivitas insulin akan meningkat. Berdasarkan penelitian penyakit diabetes mellitus, aktivitas fisik maupun latihan aerobik bisa mengendalikan diabetes. Asosiasi Diabetes America (ADA) menyarankan latihan aerobik yang ringan seperti tenis setengah jam atau latihan aerobik. Penelitian lain dari Sekolah Kesehatan Umum Harvard menemukan bahwa rutinitas jalan kaki tiap hari bermanfaat mengurangi risiko terkena diabetes yang bertipe 2 hingga 30%.

gandum-terigu

Yang perlu anda rubah dalam pola hidup anda yaitu gantilah roti tawar, kentang dan nasi putih dengan gandum dan biji-bijian. Alasannya roti tawar, kentang dan nasi mengakibatkan lonjakan kadar gula dalam darah. Begitupun halnya dengan karbohidrat olahan misalnya gula dan tepung dapat meningkatkan kemungkinan teridapnya penyakit diabetes mellitus. Dari penelitian yang dilakukan di Cina dengan melibatkan sebanyak 75.000 wanita, ditemukan bahwa setiap wanita yang mengkonsumsi makanan berglikemik tinggi memiliki berpeluang lebih besar (21%) menderita diabetes tipe 2 daripada mereka yang mengkonsumsi makanan berglikemik rendah.

kedelai-1

Masih berkaitan dengan makanan, yang perlu anda rubah dalam diet anda adalah konsumsi daging merah. Sebagai penggantinya, anda dapat mengkonsumsi kedelai sebagai sumber protein anda. Lain halnya daging sapi merah yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes mellitus. Kesimpulan ini merupakan hasil dari penelitian yang diadakan di Boston terhadap wanita. Selain kedelai lebih sehat daripada daging sapi, makanan olahan dari kedelai sudah tidak asing di lingkungan kita, seperti tempe dan tahu. Untuk kandungan proteinnya pun tidak main-main karena kandungan protein dalam kedelai dapat berperan mengatur kadar glukosa maupun insulin, menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan.

sari-cuka-apel1

Sebagai tambahan dalam diet anda, cuka apel sangat layak untuk dicoba. Mengkonsumsi cuka apel dalam sehari dapat menurunkan lonjakan kadar gula darah. Tentu saja, ini merupakan kabar baik bagi siapapun yang khawatir akan penyakit diabetes mellitus. Dengan menyisipkannya dalam konsumsi harian anda, kesehatan anda akan menjadi lebih baik dan usia hidup menjadi lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *