Dua Jenis Terapi Diabetes Mellitus

Dua Jenis Terapi Diabetes Mellitus

Banyak orang yang telah mengenal apa itu penyakit diabetes mellitus, ya penyakit ini merupakan kondisi tubuh yang kekurangan insulin. Hal tersebut diakibatkan oleh terjadi kerusakan pankreas yang merupakan organ yang memproduksi insulin agar kadar gula tetap normal. Namun bagi penderita penyakit ini memang membutuhkan terapi diabetes mellitus. Dimana tujuan dari melakukan terapi ini adalah untuk mempertahankan kadar gula darah agar tetap normal. Dengan demikian penderita akan terbebas dari resiko komplikasi. Nah untuk mengenal apa saja jenis terapi diabetes mellitus sebaiknya anda mengenal dulu dua jenis diabetes mellitus ini. untuk informasi lebih lanjut simak ulasan berikut ini.

Mengenal jenis dan terapi diabetes mellitus

insulin

Diabetes mellitus memang terbagi menjadi dua jenis. Salah satunya disebut sebagai diabetes mellitus jenis pertama. Dimana jenis pertama ini membutuhkan insulin seumur hidup. Hal ini dikarenakan adanya kerusakan pada pankreas atau sering juga disebut sebagai autoimun. Dengan demikian terapi diabetes mellitus yang di jalankan adalah dengan memberikan suntikan insulin. Hal tersebut berfungsi sebagai pengganti insulin yang tidak di produksi oleh pankreas secara normal. Pemberian suntikan insulin ini dimasukkan di bawah kulit. Hal tersebut bertujuan untuk bisa menembus lapisan lemak. Penyuntikan tersebut dilakukan pada bagian paha, dinding

Dalam melakukan terapi diabetes mellitus, terdapat 3 jenis insulin. Jenis insulin yang pertama adalah insulin dengan kerja cepat. Sesuai dengan namanya insulin ini ini mampu bekerja dalam menurunkan kadar gula darah hanya dalam waktu 20 menit saja. selain itu insulin ini dapat bekerja selama 6 hingga 8 jam. Untuk cara pemakaiannya insulin ini di suntikkan 20 menit sebelum makan. Jenis insulin yang kedua adalah insulin kerja sedang. Dimana insulin ini bekerja kurang lebih selama 18 hingga 26 jam. Jenis insulin ini bekerja dalam waktu 1 hingga 3 jam setelah di suntikkan. Di sisi lain jenis insulin ini biasanya disuntikkan pada malam hari untuk memenuhi kebutuhan sepanjang malam. Sedangkan insulin jenis ketiga merupakan insulin kerja lambat yang bekerja selama 28 hingga 36 jam.

diabetes-431x300

Selanjutnya jenis diabetes mellitus yang kedua adalah diabetes basah, dimana jaringan tubuhnya menjadi tidak responsif lagi. Pada keadaan mengalami luka penderita diabetes jenis kedua ini akan mengalami kesulitan dalam penyembuhan lukanya. Dengan demikian penderita harus waspada akan adanya resiko infeksi di kaki. terapi diabetes mellitus pada jenis kedua ini biasanya akan diberikan terapi pengobatan mulut melalui obat hipoglikemik oral. Dimana fungsi dari terapi ini adalah menurunkan kadar glukosa dengan adekuat. Namun terapi tersebut juga harus di barengi dengan diet sehat dan olahraga teratur.

Pada kondisi tertentu, terapi diabetes mellitus pada jenis diabetes jenis kedua ini juga dibarengi dengan penyuntikan insulin sesuai dengan kadar gula dalam darah. Jika di butuhkan jenis diabetes jenis kedua ini juga mendapat pengobatan berupa Biguanid, Sulfonilurea, Thuazolinediones, alpha glucosidase inhibitor. Pengobatan tersebut tentunya harus dengan resep dokter yang menangani penyakit diabetes tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *