Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui Terkait Penyakit Diabetes Tipe 2

Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui Terkait Penyakit Diabetes Tipe 2

Jika anda pernah merasakan sakit, tentu anda tidak ingin yang anda derita itu adalah penyakit diabetes. Penyakit ini dikategorikan sebagai salah satu penyakit yang sangat berbahaya sehingga anda perlu mendapatkan pengetahuan penyakit diabetes. Berdasarkan tipenya, penyakit ini terbagi menjadi 2 tipe (1 dan 2). Walaupun kedua tipe erat kaitannya dengan tingginya kadar gula darah, terdapat perbedaan mendasar di antara ke duanya, baik dari segi gejala, penyebab dan metode pencegahan. Akan tetapi, artikel ini akan memfokuskan pembahasan pada diabetes tipe 2.

Penyakit Diabetes berdasarkan Tipenya

Minolta DSC

Salah satu tipe penyakit diabetes adalah tipe 2. Penyakit diabetes tipe ini lebih banyak diidap orang dewasa mulai dari yang berusia 35 tahun ke atas. Lambat laun, penyakit ini tidak hanya diderita orang tua saja, akan tetapi anak muda juga. Kini pada usia kisaran 20 tahunan, seseorang dapat menderita penyakit diabetes tipe 2. Penyebabnya yaitu kurang tepat dan tidak teraturnya pola makan yang diikuti dengan kurangnya aktivitas olahraga. Adapun dari gejalanya tipe 2 sangat sulit dikenali tanpa diagnosis. Cara yang efektif untuk mengetahuinya yaitu dengan pengecekan gula darah. Apabila seseorang positif mengidap penyakit diabetes, yang disarankan yaitu pengobatan oral dan perubahan pola hidup yang teratur termasuk diet dan olah raga.

Apa yang Akan Dialami Penderita Diabetes Type 2?

Setelah mengetahui beberapa hal terkait penyakit diabetes berdasarkan tipenya dan solusinya, kali ini kami akan menguraikan ciri-ciri apa yang dialami penderitanya. Salah satunya penderita akan mengalami mati rasa. Gejala ini umum terjadi pada sebagian besar orang sehingga anda sangat mudah dalam mengenalinya. Bagian tubuh yang mengalami mati rasa atau kesemutan di antaranya kaki, tangan, dan jari-jarinya. Ini adalah peringatan awal seorang penderita diabetes yang diakibatkan meningkatnya kadar gula dalam darah yang menyebabkan serabut saraf rusak.

ilustrasi-nafsu-makan_20160119_084924

Selain terjadinya mati rasa, seseorang yang menderita penyakit diabetes mengalami peningkatan nafsu makan. Akan terjadi rasa lapar yang tidak terkendalikan pada penderitanya karena tubuh mengirimkan sinyal lapar guna membuat semua sel dapat berfungsi dengan semestinya karena asupan glukosa pada tubuh lebih banyak. Rasa lapar itu datang bukan diakibatkan sel-sel dalam tubuh yang tidak memperoleh asupan glukosa makanan, tetapi diakibatkan oleh makanan yang telah ditelan. Makanan tersebut tidak bisa diserap sel untuk proses metabolisme. Akibatnya tubuh meresponnya dengan rasa lapar.

mata-buram_20150607_100745

Orang yang menderita penyakit diabetes akan mengalami masalah penglihatan. Biasanya penglihatan akan mulai buram atau kabur sebagai ciri-ciri diabetes tipe 2. Penyebabnya yaitu melonjaknya kadar gula yang mengakibatkan rusaknya pembuluh darah. Adapun imbasnya ke mata yaitu karena dibatasinya cairan ke mata sebagai akibat dari lonjakan kadar gula tersebut. Kondisi ini dapat mengubah bentuk mata beserta lensanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *