Kenali Tindakan Pencegahan Diabetes Melitus

Kenali Tindakan Pencegahan Diabetes Melitus

Indonesia yang memiliki penduduk cukup besar ternyata menjadi salah satu negara yang penduduknya banyak menderita penyakit diabetes. Tidak hanya itu penduduk lainnya pun juga beresiko terhadap penyakit yang sama. Di beberapa negara berkembang seperti Indonesia ini, penyakit diabetes juga menjadi penyakit yang cukup mematikan. Dimana kebanyakan penyakit diabetes ini banyak menyerang usia dewasa atau orang tua. Sebenarnya penyakit diabetes ini tidak hanya beresiko pada mereka yang memiliki keturunan yang mengidap penyakit diabetes. Namun sebaiknya tindakan pencegahan diabetes mellitus ini tidak hanya dilakukan oleh orang yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga saja melainkan semua orang perlu mewaspadai penyakit ini.

Cara pencegahan diabetes mellitus sejak dini

obesitas-1

Sebelum mengetahui akan cara pencegahan diabetes mellitus, sebaiknya perlu disadari bahwa bahwa hal yang mengakibatkan seseorang menjadi beresiko terhadap penyakit diabetes mellitus ini walaupun tidak memiliki riwayat penyakit diabetes dalam keluarga. Salah satunya adalah orang yang memiliki berat badan berlebih atau tidak normal atau sering juga di sebut obesitas. Selain itu bagi penderita stroke, darah tinggi dan jantung juga menimbulkan resiko penyakit diabetes. Hal tersebut lebih beresiko pada orang yang berusia 45 tahun disertai dengan riwayat kolesterol yang tinggi. untuk itulah sejak dini sebisa mungkin secara rutin melakukan pemeriksaan kadar gula darah sebagai bentuk nyata pencegahan penyakit diabetes.

gaya-hidup-sehat-wanita

Gaya hidup tentunya juga menjadi fokus utama dalam tindakan pencegahan diabetes mellitus. Pasal gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi faktor pemicu penyakit diabetes ini. dalam melakukan tindakan pencegahan terhadap penyakit ini terdapat tiga tahapan yang perlu dijalani. Salah satunya adalah pencegahan primer terhadap penyakit diabetes mellitus. Dimana cara pencegahan yang di lakukan adalah dengan memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan penyakit diabetes secara genetik ataupun akibat pengaruh lingkungan. Dimana pola hidup dan pola makan sehari-hari menjadi kunci utama.

kadar-gula-darah

Pencegahan diabetes mellitus secara sekunder dilakukan dengan cara pengecekkan kadar gula darah. Dimana setelah ditemukan kadar gula darah yang berlebih segera di lakukan tindakan pencegahan lebih lanjut, diantaranya adalah menjaga berat badan agar stabil, olahrga scara teratur, dan juga melakukan diet gula. Setelah melalui beberapa tahap tersebut tentunya juga harus rutin melakukan check kadar gula dalam darah.

ginjal-sehat

Selanjutnya tindakan pencegahan diabetes mellitus lebih lanjut di lakukan pada seseorang penderita diabetes yang telah memasuki kondisi parah. Cara penanganan yang dilakukan adalah dengan mencegah resiko gagal ginjal kronik yang menyerang pembuluh darah. Selain itu penanganan sebagai pencegahan tersier juga dilakukan dengan mencegah terjadinya luka yang bisa menimbulkan kondisi fisik yang lebih parah. Pasalnya penyakit gula jika memiliki luka akan sangat sulit penyembuhan dan proses mengeringnya. Selain itu yang termasuk pencegahan tersier juga di fokuskan agar penderita tidak terkena resiko penyakit stroke. Nah itulah beberapa tindakan pencegahan terhadap penyakit diabetes mellitus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *